Jumat, 25 Maret 2011

MASALAH-MASALAH YANG TERJADI PADA EKOSISTEM SAWAH BESERTA PERATURAN PEMERINTAH MENGENAI ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN

Disusun Oleh : 1. Fakih Agus Sulaeman (0801554)
2. Frisma Wijaya (0802107)
3. Liya Sugiarti (0801555)
4. Nur Fitriyana (0803303)
5. Rizqy Noviani (0801727)
Konsentrasi : IPA

MASALAH-MASALAH YANG TIMBUL PADA EKOSISTEM SAWAH
Di dalam ekosistem sawah, banyak sekali masalah-masalah yang timbul diantaranya yaitu:
1. Pencemaran tanah
Tanah bisa dapat tercemar apabila penggunaan secara berlebihan terhadap pupuk dan bahan pestisida. Pencemaran tanah mempunyai ciri yaitu adanya perubahan tanah menjadi kering dan keras, hal ini disebabkan oleh jumlah kandungan garam yang sangat besar yang terdapat di dalam tanah. Selain itu, pencemara tanah juga dapat disebabkan oleh sampah plastik karena pada umumnya sampah plastik tidak mengalami proses penghancuran secara sempurna.
2. Hama
Dalam ekosistem sawah, masalah yang sering terjadi adalah banyaknya hama yang mengganggu atau merusak tanaman yang berfungsi sebagai produsen. sehingga menyebabkan tanaman menjadi kurang tumbuh secara sempurna dan pertumbuhannya menjadi terhambat. Hal tersebut akan sangat berpengaruh pada perekonomian di Negara kita. Semakin banyak tanaman yang terkena hama, semakin mahal harga jual tanaman tersebut.

3. Cuaca atau iklim
Cuaca yang tidak menentu akan sangat berpengaruh pada tanaman padi yang terdapat pada ekosistem sawah. Ketika musim hujan, hama tikus akan semakin banyak sehingga produksi tanaman padi akan semakin menurun. Ketika musim panas, tanah sawah akan menjadi retak-retak sehingga tanaman padi banyak yang mati karena kekurangan air.
4. Pencemaran air
Air sangat mempengaruhi tumbuh kembang tanaman dan hewan yang terdapat pada ekosistem sawah. Tidak sedikit lahan persawahan yang memanfaatkan sistem irigasi yang telah tercemari oleh limbah-limbah pabrik-pabrik. Hal ini menyebabkan terganggunya sistem rantai makanan yang ada pada ekosistem sawah.



















UPAYA-UPAYA MENGATASI MASALAH-MASALAH YANG TIMBUL PADA EKOSISTEM SAWAH

Pada umumnya permasalahan yang terjadi dapat diatasi dengan cara-cara sebagai berikut:
1. Menerapkan penggunaan teknologi yang ramah lingkungan pada pengelolaan sumber daya alam baik yang dapat maupun yang tidak dapat diperbaharui dengan memperhatikan daya dukung dan daya tampungnya.
2. Untuk menghindari terjadinya pencemaran lingkungan dan kerusakan sumber daya alam maka diperlukan penegakan hukum secara adil dan konsisten.
3. Memberikan kewenangan dan tanggung jawab secara bertahap terhadap pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.
4. Pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup secara bertahap dapat dilakukan dengan cara membudayakan masyarakat dan kekuatan ekonomi.
5. Untuk mengetahui keberhasilan dari pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup dengan penggunaan indicator harus diterapkan secara efektif.
6. Penetapan konservasi yang baru dengan memelihara keragaman konservasi yang sudah ada sebelumnya.
7. Mengikutsertakan masyarakat dalam rangka menanggulangi permasalahan lingkungan global.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar